4 Pengaruh sering ganti suara walet ternyata memberikan dampak besar!

Posted on

Seringkali kita menemukan pertanyaan apakah pengaruh ganti suara panggil walet pada populasi burung walet yang sudah ada? Apakah ada dampak sering ganti suara walet bagi keberlangsungan ternak walet yang sudah berjalan dan kita miliki? Hal-hal semacam ini sering melintas dalam benak kita dan tidak sedikit yang penasaran mengenai apa efek ganti suara walet baik itu suara inap walet maupun sp. Apakah benar akan mengacaukan koloni walet yang sudah ada sehingga tidak ada lagi walet menginap bahkan dapat menyebabkan burung walet kabur dari gedung walet?

Mari kita bahas bersama hal ini karena begitu banyak yang penasaran akan hal ini sehingga diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran sehingga tidak ada lagi keraguan dalam hati mengenai apa dan bagaimana seharusnya memberlakukan hal ini yang memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis yang sudah ditekuni semenjak lama.

Dampak burung sering mengganti suara panggil walet atau mengubah setingan sp maupun si ternyata cukup signifikan, hal ini akan memberikan pengaruh bagi burung walet dan rbw yang kita miliki , baik itu pengaruh dalam skala kecil maupun dampak besar yang nantinya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Fungsi suara walet

Fungsi utama suara panggil adalah untuk menarik perhatian burung walet yang selanjutnya akan masuk kedalam gedung walet, hal ini diharapkan akan membuat burung walet betah sehingga mulai bermalam dan menginap didalam rbw. Ini diperkuat dengan adanya suara inap walet akan membuat walet betah sepanjang malam dan akhirnya membuat sarang di dalam rumah walet tersebut.

Kalau sudah banyak burung walet yang menginap di dalam rbw dan mulai ada kawanan walet yang membuat sarang maka hal ini dinyatakan berhasil sehingga beternak walet rasanya sangat menyenangkan sehingga menghadirkan keuntungan yang lumayan, apalagi kalau burung walet yang membuat sarang sudah banyak.

Kalau suara walet yang digunakan sudah memenuhi fungsi ini tentu dinyatakan bahwa sp atau si tersebut memang layak digunakan dalam jangka panjang karena mampu memberikan respon bagus bagi burung walet, yang nantinya akan memberikan dampak baik bagi kelangsungan usaha walet dalam jangka panjang.

Efek sering ganti suara panggil walet maupun suara inap

Mengganti suara walet yang sudah ada entah itu sp atau si tentu karena ada alasan kuat, sehingga membuat pemilik rbw terpaksa melakukan penggantian. Bisa karena suara panggil yang digunakan tidak lagi memiliki respon bagus, atau karena alasan lain.

Namun hendaknya kita harus hati-hati dalam melakukan penggantian suara walet yang sudah lama digunakan, apalagi kalau suara walet tersebut sudah memberikan sumbangan  cukup besar pada keberhasilan bisnis walet kita.

Karena bisa saja kebanyakan populasi walet yang ada di dalam rbw bergantung pada sp tersebut, terlanjur suka pada suara walet yang digunakan sehingga tidak akan suka kalau sp yang digunakan diganti.

Beberapa efek sering ganti suara walet:

  1. Burung walet yang sudah betah dan menginap bisa kabur
  2. Burung walet bisa stress karena tidak cocok pada sp atau si yang baru
  3. Memberikan dampak positif, banyak walet baru yang berdatangan
  4. Perubahan populasi walet untuk jangka panjang, bisa bertambah atau malah berkurang karena banyak yang kabur

Demikian beberapa hal atau resiko kalau ganti suara panggil dan suara inap. Masing-masing tentu memiliki keuntungan dan kerugian, kita hanya harus dapat bersikap waspada pada perubahan yang dilakukan apalagi kalau selama ini bisnis walet yang kita bangun terbukti sudah memberikan hasil, maka jangan sampai hal itu hilang karena kecerobohan kita sendiri.

Leave a Reply