4 Cara Mengatur Suara Panggil Tarik dan Inap Walet, Setting Volume, dll

Posted on

Kembali lagi menekuni artikel-artikel yang berkaitan dengan tips walet, kali ini kita akan bahas mengenai Cara mengatur suara panggil tarik dan Inap walet yang baik sehingga menghasilkan kualitas mumpuni sesuai dengan harapan.

Banyak dari kita yang masih bertanya-tanya mengenai cara setting volume ampli walet yang benar untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus sehingga bisa bersaing dengan rbw lain. Dalam tulisan sebelumnya panggilwalet.com juga pernah membahas mengenai pentingnya pengaturan amplifier untuk suara panggil walet ini, karena secara langsung akan memberikan efek bagus pada rbw kita.

Pentingnya Pengaturan Volume Suara Panggil dan Inap Walet

Belajar dari pengalaman seorang sahabat, ada yang masih kebingungan mengenai setelan volume untuk suara panggil dan inap apakah volume yang digunakan harus berbeda jauh atau dapat digunakan volume sesuai dengan perkiraan saja tanpa ada penyesuaian tertentu?

Untuk menjawab hal tersebut tentu saja dapat kami berikan paparan sesuai dengan pengalaman yang telah kami jalani sendiri bagaimana menangani hal tersebut, disini kami menjawab dari sisi pengguna dan petani walet, bukan dari sisi ahli yang memang sudah pakar dibidangnya.

Tentu saja pengalaman tiap petani walet tidak sama dalam memperlakukan rumah walet yang dia punya, namun demikian rasanya tidak salah kalau saling berbagi satu sama lain sehingga dapat bertukar pengalaman, itulah harapan kami sehingga para petani walet semakin banyak yang menemukan kiat suksesnya dalam membangun rbw yang produktif.

Dalam memasang tweeter tarik maupun inap, ada hal penting yang tidak boleh kita lupakan yakni pengaturan suara panggil yang sesuai, karena ini akan berdampak sangat signifikan pada hasil yang dicapai sehingga mampu memberikan efek bagus kedepannya.

Pengaturan volume juga memberikan keuntungan karena burung walet tidak kebingungan dalam membedakan suara panggil dan inap yang semestinya dapat memberikan kenyamanan dalam walet untuk belajar mengenali rbw baru yang kita bangun.

Cara Setting Suara Panggil dan Inap yang Baik

Sebaik-baiknya pengalaman akan membantu kita menemukan solusi paling baik, minimal untuk kita sendiri dalam menemukan kiat sukses dalam bertani walet. Demikian pula dalam menekuni bidang budidaya walet ini, maka perlu pemahaman menyeluruh sehingga bisa mengantisipasi hal buruk yang terjadi apabila ada permasalahan nantinya.

Dari apa yang kami lakukan maka beberapa tips yang dapat dicoba dalam mengatur volume suara panggil, tarik, dan inap adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan suara panggil lebih nyaring dari suara tarik dan inap. Ini berguna untuk menarik perhatian walet sehingga mampu mencakup area yang lebih jauh disekitarnya.
  2. Suara tarik maupun inap cukup kecil saja, kalau kita perkirakan maka seperti apa yang membuat burung walet nyaman berada di dalam ruangan inap walet.
  3. Pengaturan yang berbeda pada suara panggil dan inap juga berguna supaya walet mudah membedakan satu sama lain dan mudah mengenali ketika masuk ruang inap.
  4. Dampak burung kalau suara tarik dan inap terlalu keras dapat menyebabkan walet sulit berkomunikasi satu sama lain sehingga menyulitkan terbentuknya koloni bahkan dapat mengacaukan koloni yang ada.

Leave a Reply