2 Ciri Walet Mulai Menginap di Rumah yang Baru dibangun

Posted on

Melihat situasi yang mulai membaik setelah kita membangun rumah walet rasanya menjadi kepuasan tersendiri, mengetahui ciri ciri walet menginap di gedung baru adalah sebuah momen menggembirakan bagi petani walet. Meskipun kenyataannya menginapkan burung walet di rumah yang baru dibangun bukanlah perkara mudah, namun seakan perjuangan  tersebut terbayar saat kita mendapati ada tanda-tanda walet mulai menginap di rbw baru.

Seperti kebanyakan usaha lainnya, beternak burung walet adalah perkara yang gampang-gampang susah. Sepertinya kita merasa sangat berat saat baru mulai terjun dalam bisnis sarang walet ini, namun mengingap omzet penjualannya yang sangat menggiurkan, maka tidak heran kalau banyak yang berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai keberhasilan dalam usaha ini.

Persiapan awal membangun rumah walet

Hal mendasar yang harus kita siapkan ketika hendak mendatangkan walet supaya bisa menginap adalah dengan menyiapkan rumah walet itu sendiri. Tentu saja dengan berbagai resep dan tips yang sudah dimiliki, menjadikan rumah walet tersebut sangat mirip dengan habitat asli burung walet di alam atau di dalam goa.

Sehingga hal ini akan menjadi modal awal dalam memulai usaha sarang burung walet, jangan lupa dengan faktor lain misalnya lokasi dimana kita membangun rumah walet, harus dipilih lokasi yang benar-benar sesuai sehingga dimasa mendatang hasil yang dicapai juga dapat maksimal.

Faktor lainnya misalnya pemasangan twiter walet, pengujian suara panggil walet yang bagus, dan lain sebagainya juga sangat menentukan keberhasilan kita sehingga hal tersebut tidak dapat dikesampingkan dan harus diketahui oleh petani walet yang ingin sukses di bidang yang sudah ditekuninya.

Ciri-ciri burung walet mulai menginap di rumah baru

Mengetahui apa saja tanda walet mulai bersarang dan sudah menginap di rumah barunya adalah sesuatu yang penting diketahui untuk memantau sejauh mana perkembangan rbw yang kita bangun dengan susah payah, tentunya kita ingin mengevaluasi setiap tahapan dalam bisnis yang kita jalankan. Sehingga dapat memberikan perbaikan dan pengembangan lebih jauh lagi.

Beberapa tanda sudah ada walet yang menginap di rbw yang baru kita bangun adalah sebagai berikut:

  1. Ada kotoran yang menumpuk di titik-titik tertentu rumah walet
  2. Mulai ada sedikit olesan pada bagian tertentu, ini adalah keberuntungan saat walet lebih cepat membuat sarang

Ketika kita mendapati ada kotoran walet yang menumpuk di sudut-sudut tertentu di ruang inap, ini adalah pertanda baik. Hal ini menunjukkan ada burung walet yang sudah mulai menginap. Sehingga kita patut memantau seberapa banyak kotoran yang menumpuk tersebut, kalau ada banyak titik maka hal itu adalah pertanda bagus bagi rumah walet Anda, artinya kiat dan usaha yang selama ini dijalankan ternyata membuahkan hasil.

Sedangkan kotoran yang bertebaran tipis di ruang inap adalah hal wajar yang menandakan sudah banyak burung walet yang masuk ke ruang inap dan berputar terbang disana. Ini juga merupakan pertanda baik bahwa Anda sudah berhasil memasukkan walet ke ruang inap.

Ciri lainnya, mulai ada olesan sarang walet. Ini merupakan pertanda yang jarang terjadi, namun bagi yang beruntung akan mengalaminya. Karena kadang walet sangat cepat dalam siklus perkembangbiakannya apalagi kalau tempat menginapnya sangat cocok dan nyaman. Sehingga mereka mulai berkembang biak dan membuat sarang. Anda patut berbangga hati kalau mendapati rumah walet yang baru ternyata begitu cepat menarik walet untuk mengoles sarang karena itu tanda awal keberhasilan Anda.

Leave a Reply